Latest News

WELCOME TO THE NEW AGE

Sunday 17 November 2019

Cerita Pendek (CERPEN) "Kebenaran"


KEBENARAN


Angin berhembus pelan,matahari tak menampakkan sinar paginya.Suara langkah kaki prajurit,tangisan kehilangan,serta doa-doa mengiringi pemakaman Zeus.Liang lahat seolah menyambut kehadiran tuannya.Taburan bunga memenuhi makamnya.Para petinggi serta penjabat negara berkumpul untuk melepas kepergian Zeus.

Zeus merupakan seorang pedanamentri negri Onesia,yaitu negeri yang kaya dan indah yang digandang-gandang sebagai syurga dunia.Kematian Zeus disebabkan karena terkena serangan teroris,atau lebih tepatnya akibat pendarahan hebat karena tembakan yang diperoleh dari serangan teroris.

Ketika upacara pemakaman selesai,tampakseorang gadis masih menangisi kepergian Zeus.Mata tak berdosanya menunjukkn rasa amat kehilangan.”Ayah kau sudah tidak perlu memikirkan rakyatmu,semoga kau tenang disana,ibu sudah menunggumu” kata gadis itu.Gadis itu tak lain adalah Aphrodite anak perempuan dari Zeusyang sangat cantik.Sejak lahir ia telah ditinggal oleh ibunya yaitu Hera.Hera meninggal karena melahirkannya dan ia pun juga telah ditinggal oleh ayahnya untuk selama-lamanya.

Kepergian Zeus memberi pukulan serta tekanan yang amat sangat berat bagi Aphrodite.Bukan hanya kesedihan akan kepergian ayah tercinta,tetapi juga karena opini-opini negatif tentang ayahnya yang tersebar dalam masyarakat.

Sekilas,Zeus yang seorang pedanamentri pasti dihormati oleh rakyatnya.Tetapi,kenyataan takseperti itu.Berbahai hujatan dan kebencian selalu dilontarkan olehrakyatnya yang telah terpengaruh oleh paham-paham atau opini yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan dirinya sekaligus untuk memecah belah rakyatnya.

Opini-opini negatif tentang zeus dibuat berdasarkan kekelaman masa lalu negri Onesia.Negeri yang indah dan kaya ini memiliki masalalu yang cukup kelam.Pada masa itu banyak sekali pelanggaran-pelanggaran HAM terjadi.Masyarakat bersatu untuk melawan pemerintah otoriter yang dipimpin oleh Apolo.Zeus yang saat itu menjabat sebagai jendral besar diam-diam memilih untuk berada di pihak masyarakat.”Meskipun aku mati aku tetap berada dipihak rakyat,dipihak Onesia” Itulah prinsip Zeus muda.Badan tegap,mata yang menunjukkan ketegasan,wajah tak berekspresi,serta rambut cepk.Itulah gambaran seorang Zeus muda.

Suatu ketika Zeus muda yang sedang bekerja di kantornya mendapat kabar dari bawahannya yaitu Ares.”Lapor Jendral! Saya mendengar kabar bahwa ada beberapa aktivis masyarakat yang ditahan oleh pemerintah di sel kelas A NUKA”kata Ares.”Apa penyebabnya?Mengapa mereka bisa ditahan?”tanya Zeus.”Sejauh dari informasi yang saya dapatkan,mereka ditahan karena menyudutkan pemerintah”jawab Ares.”Bilang kepada mereka saya akan pergi ke sel kelsa A NUKA”Perintah Zeus.”Baik”jawab Ares.

Waktu menunjukkan pukul 02.00 siang.Zeus muda dan Ares tiba di penjara kelas A NUKA.Mereka berdua disambut langsung oleh kepala sel NUKA “Selamat datang jendral,ada yang bisa saya bantu?”tanya kepala sel dengan hormat.”Saya ingin menemui aktivis masyarakat yang ditahan”jawab Zeus.”Apakah jendral sudah mendapat izin dari Pak Apolo?” tanya sang kepala sel sopan.Mendapati pertanyaan itu Zeus muda merasa penasaran sekaligus bingung,apa yang sebenarnya terjadi,mengapa Apolo sangat menyembunyikan hal ini.Dengan ragu Zeuspun menjawab “Be...be..belum,saya...belum izin ke Pak Apolo”.”Maaf pak,kalau begitu jendral tidak bisa menemui tahanan,soalnya Pak Apolo memerintahkan tidak ada yang boleh menemui tahanan tanpa seizin beliau”jelas sang kepala sel sopan.Zeuspun memaksa untuk masuk dan menemui para aktivis tersebut.Akan tetapi,usaha yang dilakukannya sia-sia ia tetap tidak dapat masuk “Pak sudah saya bilang,tanpa seizin Pak Apolo tak ada yang boleh menemui tahanan”tegas kepala sel NUKA.

Disisi lain,Apolo mendapat kabar bahwa Zeus mencoba memaksa masuk sel NUKA untuk menemui para tahanan aktivis.Apolo yang sejak dulu tidak suka terhadap Zeus menjadi semakin muak dengannya.Apolo berencana untuk menjadikan Zeus sebagai kambing hitam akan kasus ini.

Disisi lainnya Zeus yang mencoba memaksa masuk tiba-tiba diperbolehkan masuk dengan sukarela.Tanpa berpikir panjang Zeuspun masuk dan menemui para aktivis.Para aktivis tersebut memandangi Zeus dengan pandangan hina dan melontarkan kata-kata kasar kepada Zeus.”Dasar pelanggar HAM” kata para aktivis itu.Zeus yang saat itu merasa heran dan kebingungan mencoba menjelaskan apa yang terjadi,tetapi ushanya tetap sia-sia tak seorangpun dari mereka yang mempercayainya.

Meskipun begitu,Zeus tetap berusaha untuk membebaskan mereka karena ia berpegang teguh pada perinsipnya yang selalu berpihak kepada rakyat dan Onesia.
Ketika para aktivis-aktivis tersebut dibebaskan,kabar tentang Zeus yang seorang pelanggar HAM beredar luas di masyarakat.Opini-opini yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan dirinya kian hari kian bertambah.Meskipun begitu tak sedikit pula yang tak percaya akan opini-opini tersebut dan membela Zeus.

Hingga akhir hayatnya Zeus tetap berpegang teguh pada prinsipnya meski banyak rakyatnya yang menghakimi dirinya.Tak seorangpun tau apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu termasuk Zeus sendiri.Hanya berdasarkan opini-opini dan perkataan seseorang yang tak jelas asal usulnya sudah bisa menghakimi seseorang.Kebenaran yang sesungguhnya masih dipertanyakan.
TAMAT


No comments:

Post a Comment

Recent Post